Menu Close

Pantai Goa China Jadi Sasaran Para Pecinta Pantai

Pantai Goa China merupakan salah satu pantai di pesisir selatan pulau Jawa yang menyimpan keindahan tersendiri.

Pantai Goa China berada di pesisir selatan pulau Jawa, tepatnya di dusun Tumpak Awu, Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Asal usul nama pantai ini dilatarbelakangi oleh peristiwa kematian seorang pertapa China di sebuah goa di kawasan pantai tersebut. Mulanya pantai ini bernama pantai Rowo Indah, namun kejadian tersebut membuat nama goa cina lebih terkenal dibanding nama aslinya. Kealamian pantai ini masih sangat terjaga. Selain lautnya yang jernih, keindahan alam di sekitar pantai juga sangat asri. Terdapat deretan pepohonan yang berjajar rapi di pinggir pantai. Selain itu terdapat juga goa cina sekitar 50 meter di sisi kanan pantai. Konon, bagi sebagian masyarakat yang masih percaya, goa tersebut kerap dijadikan sarana mendapatkan berkah.

Pantai ini merupakan pantai yang unik karena mempunyai fenomena alam yang cukup langka. Fenomena tersebut adalah bertemunya gelombang dari tiga arah yang berbeda yaitu dari barat, timur, dan selatan. Gelombang tersebut bertabrakan di antara pulau Nyonya dan pulau Bantengan. Karena gelombangnya cukup besar, saat bertabrakan akan menghasilkan suara bergemuruh yang keras. Tidak ada perahu nelayan yang bersandar di pantai karena besarnya ombak tersebut. Letak keindahan pantai ini juga ada pada deretan tiga pulau di sepanjang pantai. Selain pulau Nyonya dan pulau Bantengan ada juga pulau Goa Cina. Keindahan pantai goa cina inilah yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan khususnya pecinta pantai. Pihak pengelola juga sudah menyiapkan berbagai fasilitas di sekitar pantai seperti warung makan, mushola, termasuk kamar mandi untuk para pengunjung.

Akses Untuk Menuju Lokasi Pantai Goa China

Akses jalan untuk menuju lokasi pantai goa cina sangat mudah karena anda bisa melewati jalur lingkar selatan yang saat ini sudah beraspal. Anda akan menemukan petunjuk arah untuk mencapai lokasi pantai ini. Meski begitu anda harus tetap berhati-hati karena jalannya berkelok dan berada di sisi sebuah jurang. Pantai Goa Cina ini tidak jauh dari pantai Bajul mati. Jaraknya hanya sekitar 7 km atau sekitar 15 menit. Anda bisa mengunjungi dan menikmati dua pantai ini sekaligus. Untuk sampai ke pantai ini, dari kota Malang dibutuhkan waktu sekitar dua sampai tiga jam.

Rute pantai goa cina dimulai dari kota Malang menuju arah Gadang, Turen. Akan ada papan yang menunjukkan arah menuju pantai sendang biru. Ikuti jalan tersebut sampai menemukan pertigaan yang berjarak sekitar 1,5 km dari pantai sendang biru. Di pertigaan tersebut anda harus belok ke arah kanan menuju pantai bajul mati. Setelah perjalanan sekitar 5 km anda akan menemukan lagi papan bertuliskan petunjuk menuju goa cina. Ambilah jalan ke arah kiri sekitar 800 meter sampai anda tiba di pantai tujuan. Setelah sampai di lokasi anda anda akan dikenai biaya parkir untuk roda dua sebesar 5.000 rupiah dan roda empat sebesar 7.000 rupiah. Selanjutnya anda perlu membayar tiket masuk pantai goa cina di loket yang tersedia sebesar 10.000 rupiah per orang. Harga tiket tersebut cukup terjangkau untuk anda menikmati pantai yang sangat indah ini.

Jika anda berkunjung ke pantai goa china, anda tidak dilarang untuk berenang di pinggiran pantai. Hanya saja anda harus tetap berhati-hati agar tidak tenggelam terbawa arus. Dan perhatikan pula untuk tidak berenang sampai ke tengah laut karena dapat membahayakan diri sendiri. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kebersihan pantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *