Menu Close

Omah Kayu Malang Menjadi Destinasi Favorit Wisatawan

Omah kayu Malang menawarkan sensasi menikmati keindahan hutan pinus dan kota Batu dari ketinggian. Omah kayu juga menyediakan fasilitas menginap bagi wisatawan.

Sudah sejak lama kota Malang menjadi kota tujuan wisata yang menawarkan banyak tempat pariwisata yang menarik. Salah satu destinasi favorit para wisatawan adalah omah kayu. Meski lebih dikenal dengan nama omah kayu Malang, sebenarnya secara administratif obyek wisata ini terletak di Kota Batu. Alamat omah kayu Malang ini adalah di Gunungsari, Bumiaji, Kota Batu, Jawa Timur. Jaraknya kurang lebih 15 km dari kota Malang jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Omah kayu berada 1.340 meter di atas permukaan laut. Terletak di kawasan wisata gunung Banyak. Dari omah kayu pengunjung bisa menikmati indahnya hutan pinus dan juga kota Batu. Selain itu pengunjung juga bisa melihat para pengunjung lain yang sedang melakukan olahraga paralayang. Anda bisa mengambil banyak foto menarik berlatar belakang omah kayu dan hutan pinus.

Sensasi Bermalam di Omah Kayu Malang

Selain sebagai tempat berfoto, omah kayu juga menyediakan 6 sampai 8 kamar tersebut untuk disewakan. Ukuran masing-masing unit omah kayu adalah 3 x 2 x 2 meter. Setiap kamar bisa diisi sebanyak 2-3 orang. Di dalam kamar dilengkapi fasilitas 1 ranjang, 2 bantal, dan juga selimut, serta perlengkapan makan. Hanya saja, dalam ruangan tersebut tidak dilengkapi kamar mandi. Dua unit  kamar mandi yang dilengkapi dengan water heater disiapkan diluar kamar. Dengan menginap di omah kayu anda akan merasakan sensasi pemandangan matahari terbenam hingga cahaya lampu kota Batu yang seperti bintang.

Dari faktor keamanan, anda tak perlu khawatir karena omah kayu terbuat dari bahan kayu yang kuat seperti pohon pinus, kasuaria, dan eukaliptus. Sehingga dijamin tidak akan ambruk saat anda menginap di dalamnya. Harga sewa omah kayu Malang dibandrol sebesar Rp 350.000,- pada hari biasa dan Rp 450.000,- pada akhir pekan. Karena minat wisatawan untuk menginap disini tinggi, disarankan anda melakukan reservasi omah kayu malang dari jauh-jauh hari.

Rute Menuju Omah Kayu Malang

Cara menuju omah kayu sama seperti menuju wisata paralayang. Hal tersebut karena kedua obyek wisata ini berada dalam satu kawasan wisata gunung Banyak. Berikut adalah rute omah kayu Malang jika anda membawa kendaraan pribadi. Dari kota Malang anda menuju alun-alun kota Batu melewati Jatim Park I dan museum angkut. Selanjutnya sampai di bundaran alun-alun pilihlah jalan yang ke arah jalan Gajah Mada yang terdapat di depan masjid An-Nuur. Kemudian anda hanya perlu mengikuti jalan kira-kira 8 km sampai di tempat tujuan. Jalanan untuk menuju ke lokasi menanjak dan berkelok layaknya jalanan pegunungan pada umumnya. Jalannya juga tak terlalu lebar dan beberapa masih berbatu. Sehingga bagi anda yang tidak begitu mahir menyetir disarankan untuk tidak mengendarai sendiri.

Untuk jam buka omah kayu Malang adalah dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Harga tiket untuk masuk ke omah kayu adalah 10 ribu rupiah untuk dua jenis tiket. 5 ribu yang pertama adalah tiket memasuki kawasan wisata gunung Banyak. Di kawasan tersebut selain omah kayu anda juga bisa menikmati wisata paralayang. 5 ribu yang kedua untuk memasuki area omah kayu. Mengingat banyaknya pengunjung dan letak omah kayu yang berada di atas pohon, tempat ini menerapkan sistem antrian. Untuk menikmati pemandangan dari atas omah kayu sekaligus berfoto-foto, setiap pengunjung dibatasi antara 5-8 orang dan hanya diberi waktu sekitar 10 menit.

Sekian informasi mengenai wisata omah kayu Malang. Jika anda merasa kurang puas dengan sedikitnya waktu yang diberikan anda bisa memilih untuk menginap. Tidak ada syarat menginap di omah kayu, anda hanya perlu melakukan booking dari jauh hari dan membayar harga sewanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *